Senin, 04 Oktober 2010

Ayo Mulai Sekarang Belajar Microsoft Access




Banyak temen temen yang udah familiar banget sama MS Words dan MS Excel, tapi begitu ditanya "Bisa Access Gak" ... yang sering terdengar pasti "Waduuu...Gue Gak bisa Access Neeeiiiih"

Ini bisa kita pahami, karena Excel dan Words hampir tiap saat kita pakai. Andai kita memakai Access tiap hari...tentu gak akan tuh keluar yang "Aduuu Gak Bisa Sih..."
Sekali pegang Access, dijamin jatuh cinta deh...Gimana Enggak? Klo Excel bisa dikatakan hanya SpreadSheet (Klo yg jago Macro sih Pasti Bilang Excel juga Semi Programming)...tapi Access ini adalah Software Database...
Apa sih Database itu? Database itu bahasa Indo nya adalah Basis Data.Gampange wae lah,Coba kita pahami, klo Words itu adalah software pengolah kata, dan Excel adalah Software pengolah angka...maka Access adalah Software Pengolah Data (Tentu, yang namanya Data adalah gabungan antara Kata dan Angka2 Bahkan Gambar). Nah, simplenya...dengan Access, kita menyimpan data, Access mengolah, Kita mengambil Kembali Data tsb sesuai Keinginan kita berupa Informasi2 yang kita perlukan.

Saya sendiri baru 3 bulan ini belajar Access kok, tapi begitu kenal maka sayang tuk ninggalin....
Dan Sisi Baik lainnya, dengan memahami Database, maka lebih mudah untuk belajar Programming dengan Bahasa Apapun, Kebetulan Guru saya mengajari Saya dengan Visual Basic....Maka jadilah saya belajar Access dan VB.

Kembali ke MS Access.....Awalnya saya hanya membenahi Data Pegawai yang sebelumnya sudah memakai Access juga, tapi yang membuat DatPeg sebelumnya itu mungkin masih bingung dengan Type2 Data. Sama aja kayak di Excel, Type Data itu macem2, ada Numeric, Character, Date, Time Dsb.
Saya di suruh ama Big Boss buat merekapitulasi Hari Ulang Tahun Pegawai, Eh Begitu saya short gak bisa...coz type data seharusnya date, eh kok typenya character. Untung lho, Si Big Boss ini iseng nyuruh gitu, andai dia gak nyuruh, aku pasti juga males belajar Access dari NOL. Karena aku merasa cukup dengan Excel, dengan Excel dan Formula Setengah Macro aku udah bisa bikin rumus PPh21,Rumus Lembur Dsb. Tapi? Setelah dengan Access, aku malah bisa bahasa Program!

Mulai belajar yok...
Pake Access 2007 aja ya?
Umumnya Database Access terbagi menjadi 4 bagian:
1. Tabel
2. Query
3. Form
4. Report
Jadi Bayangkanlah klo database adalah Sebuah Rumah, Maka Tabel itu adalah Ruang Ruang dalam Rumah, Query itu Denah Ruangan, Report itu Tukangnya, dan Form adalah Pintu Masuk Untuk Tamu, Dsb....Yang Masing2 mempunyai Tugas dan Fungsi yang berbeda-beda...

Tabel, bagi kita yang sering menggunakan excel pasti sudah sering membuat Tabel. Di MS Access, Tabel adalah jantungnya Database. Tabel Mutlak diperlukan dalam Database. Di Excel, Tabel terdiri dari Baris (Row) dan Kolom (Column). Sedangkan yang disebut Column di Excel, disebut Field di Access. Row tetap sama sebutannya. Untuk Selanjutnya kita akan sering menyebut field (Bukan Kolom ya Heheeee). COntoh Tabel, misal Tabel Warga Rt 11....(Bayangkanlah kita mempunyai data yang terdiri dari Nama Warga, Tempat Tgl Lahir, Pendidikan Terakhir, Tgl Tinggal di Rt 11, Dsb)

Query, berguna untuk mengambil simpanan berupa informasi tertentu dari data yang kita simpan di dalam tabel tadi. Seandainya tadi kita mempunyai Data Warga RT 11, dengan query kita bisa meminta ke Access untuk membuat Data Warga Rt 11 yang pendidikan Terakhirnya adalah S1, atau kita ingin mengetahui Warga Rt 11 yang usianya lebih dari 50 tahun, Dsb) maka dengan fasilitas query semua bisa terpenuhi.

Form,
Form adalah salah satu pintu masuk yang dipergunakan oleh orang lain (User) untuk mengisi Tabel Tertentu. Dengan Form ini maka si Pengguna tidak perlu langsung nyemplung ke Tabel, tapi cukup mengisi Tabel dari Form yang kita buat. Ibarat Pintu Ruang Tamu, Tentu kalau tamu datang gak etis juga klo langsung nyelonong ke pintu dapur dan masuk ke kamar kita, tapi ketuk pintu dan masuk melalui pintu ruang tamu.
Tapi Ibarat yang saya buat ini, belum tentu benar...saya juga sedang dalam tahap belajar kok....

Report,
Dipergunakan untuk Pengolahan Laporan yang kita inginkan. Ibarat Rumah, Kita ingin rumah bercat kuning, berpintu kayu jati dan sebagainya. Report ini adalah Tukangnya, yang siap membuat dan menyediakan apa yang kita inginkan.


Sampai disini dulu yaaa....meski gak tuntas, moga2 bisa dapat gambaran sedikit ttg access. Capek juga jari2ku agak keriting nih....klo ada yang tertarik dengan access, boleh kok email ke aku atau lewat blog ini....
emailku: dewi@konsuildki.or.id
atau: dewigunarso72@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar